Ideas

Politik transaksional


Indeks anjlok nyaris 50 points setelah siangnya Jokowi melantik menteri-menterinya. Di saat bursa regional menghijau, kita memerah. Tanya kenapa?
Indeks anjlok nyaris 50 points setelah siangnya Jokowi melantik menteri-menterinya. Di saat bursa regional menghijau, kita memerah. Tanya kenapa?

Hari ini merupakan hari paling bikin saya misuh-misuh sedunia. Kenapa? Karena saya kecewa berat sama sebagian menteri-menteri di Kabinet Kerja Jokowi khususnya menteri ekonomi.

Mungkin karena saya berharap terlalu besar bahwa pemerintahan kali ini akan berbeda, bahwa Jokowi berani berdiri di kakinya sendiri tanpa intervensi dari “ibu suri”, bahwa Jokowi akan lepas dari prinsip politik transaksional, dan bahwa Jokowi adalah orang yang dinanti-nanti bangsa ini setelah sekian lama.

Nyatanya? Jauh panggang dari api. Ya meski memang ada beberapa menteri yang kualitasnya bagus, profesional di bidangnya, dan (semoga) bersih, tetap saja sejumlah posisi menteri lainnya bikin bursa saham keki. Lihat saja, penutupan indeks hari ini memerah. Melemah nyaris 50 points. Padahal, indeks regional menghijau. Tanya kenapa?

Saya cuma menyayangkan kenapa Jokowi kok ga berani tegas dengan pilihan hatinya. Kenapa Jokowi (yang gosipnya) rela susunan menteri di kabinet yang sudah dia buat, last minute diacak-acak sama “ibu suri”. Bukannya memilih dan menetapkan menteri adalah hak prerogatif presiden?

Saya kecewa kenapa orang yang punya track record kurang prima dan kurang mumpuni malah ditunjuk bahkan jadi menko. Sementara ada sejumlah begawan ekonomi yang punya jam terbang tinggi, yang punya visi untuk pemulihan ekonomi Indonesia, yang udah punya strategi untuk pembenahan perekonomian di republik ini, malah disebut pun tidak!

Kenapa kok ya orang yang masih tersangkut kasus BLBI, malah diangkat jadi menteri strategis yang membawahi korporasi pelat merah yang kapitalisasi pasarnya udah ribuan triliun Rupiah. Why oh why?

Entahlah. Saya cuma berharap, negeri ini bisa jadi lebih baik. Tapi mungkin bukan di era Jokowi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s